A.       Jati Diri Program

Berdasarkan kebutuhan industri di Bidang Teknologi Informasi dan kebijakan pemerintah yang dituangkan dalam UU Sisdiknas tahun 2003 maka IT Telkom mendirikan Program Magister Teknik Informatika. Program studi ini didirikan dan dikukuhkan dengan surat Keputusan Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No. 424/D/T/2009, tanggal 27 Maret 2009 dan telah terakreditasi oleh BAN-PT No. 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013 dengan predikat B.

Magister Teknik Informatika berorientasi pada tiga konsentrasi yaitu media informatics,  socio informatics  dan data mining.

Media Informatics adalah program yang mencakup aspek perancangan, implementasi dan analisis sistem terdistribusi (ubiquitous information) serta sistem komputasi. Dalam hal ini terjadi penggabungan antara pengetahuan tentang infrastructure dan content.

Data mining adalah program yang mencakup analisis, praproses data, dan penerapannya dalam permasalahan nyata

Socio Informatics adalah program yang berfokus pada  kajian tentang pengaruh teknologi informasi terhadap  komunitas sosial serta bagaimana komunitas sosial mempengaruhi perkembangan teknologi informasi.

 

B.       Visi Prodi Magister Teknik Informatika

Program Magister Teknik Informatika adalah menjadi program Magister Teknik Informatika unggulan bertaraf Internasional untuk mengembangkan tenaga ahli dan peneliti serta teknologi Infokom inovatif dalam dunia bisnis dan industri.

C.       Misi Prodi Magister Teknik Informatika

  1. Mendidik tenaga ahli dan peneliti melalui proses pembelajaran dan penelitian yang terintegrasi;
  2. Mengembangkan teknologi inovatif melalui penelitian berkesinambungan dengan memperhatikan perkembangan terkini dengan ranah permasalahan spesifik;
  3. Membina hubungan saling menguntungkan dengan industri/institusi Infokom dalam dan luar negeri yang tercermin dalam setiap kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi;
  4. Menciptakan lingkungan akademik yang kondusif serta proses belajar mengajar yang tertata dan berkualitas sehingga mengoptimalkan potensi dan kreatifitas seluruh sivitas akademika.

D.       Kompetensi Inti

  1. Mampu menganalisa sistem dan permasalahan dari aspek ilmu yang berkaitan dengan teknik informatika
  2. Mampu membuat solusi canggih untuk permasalahan terkini dan adaptif dengan kemajuan teknologi infokom
  3. Mampu mengembangkan teknologi inovatif di bidang infokom melalui analisa yang mendalam dari teknologi infokom terdahulu
  4. Memahami kode etik profesi.

E.        Kompetensi Peminatan Informatika Media (Media Informatics)

  1. Mampu mengevaluasi berbagai alternatif rancangan dan teknologi yang berkaitan dengan multimedia dan jaringan
  2. Mampu mengembangkan sistem terdistribusi berbasis multimedia dan jaringan untuk bisnis dan industri 

F.       Kompetensi Peminatan Rekayasa Perangkat Lunak (Socio Informatics)

G.        Kompetensi Peminatan Data Mining (Data Mining)

  1. Memahami data mining sebagai suatu proses menyeluruh (termasuk menggunakan CRISP-DM) untuk memecahkan dan menganalisis suatu permasalahan
  2. Mampu menerapkan teknik dan aplikasi data mining terkini

H.        Kompetensi Penunjang

  1. Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim baik sebagai anggota maupun pemimpin.
  2. Mampu mengelola proyek dan bisnis pada bidang yang sesuai dengan keahliannya.

I.       Kompetensi Lain

Mampu mengekpresikan gagasan dalam tulisan maupun lisan menggunakan bahasa Indonesia dan/atau Inggris dengan baik dan benar

J.      Jenis Program

Jenis program yang ada di Program Magister Teknik Informatika ada 2 (dua), yaitu:

1.            Program Reguler (40 SKS, 4 Semester)

Program Magister Teknik Informatika yang dilakukan melalui tata muka secara langsung pada seluruh mata kuliah. Program Reguler akan dilakukan setiap hari kerja (Senin s.d Jumat) di Kampus IT Telkom.

2.            Program Exclusive (40 SKS, 4 Semester)

Program Magister Teknik Informatika yang dilakukan melalui tata muka secara langsung pada 67 % mata kuliah, sementara mata kuliah selebihnya dilakukan dengan perkuliahan jarak jauh (melalui video conference). Perkuliahan jarak jauh akan dilakukan pada hari Senin s.d Kamis, sementara perkuliahan tata muka secara langsung diselenggarakan pada hari Jumat  dan Sabtu di Kampus IT Telkom.

         K.      Prospek Kerja Lulusan

  1. Dosen
  2. Peneliti
  3. Staf Ahli
  4. Senior Manager di Industri